Jum'at Kliwon; Tanya Kenapa?

Jum'at Kliwon; Tanya Kenapa?
Jumat Kliwon; Tanya Kenapa? Image by Google

Oleh : Furqan Ar-Rasyid

(published at buletin el-Asyi-MESIR)

“Nak, Cepat pulang ya, malam ini malam Jumat kliwon!”

“Iya bu,” jawab si anak lirih.

Sadar atau tidak, ternyata mistis negatif sudah merebah dalam masyarakat kita. Percaya pada hal-hal ghaib yang tidak jelas ishlah syariahnya. kepercayaan masyarakat terhadap kekuatan tersembunyi yang ada pada dunia lainnya, tentu saja dunia yang tidak bisa ditangkap oleh indera.

Sejak dari dulu, kewujudan alam ghaib sering menjadi masalah yang sulit untuk diungkapkan, banyak hal terjadi dengan perantaan alam ghaib, seperti kejadian yang terjadi di negeri kita. Hipnotis, pengobatan, kristenisasi atau dalam kasus criminal sekalipun, telah meresahkan kita. 

Bahkan tak jarang kita temui beberapa keyakinan masyarakat yang telah jauh lari dari Aqidah islam ataupun perbuatan-perbuatan yang menjurus pengabdiannya kepada kekuatan tersembunyi dari suatui benda atau kepada selain Allah swt.

Lalu, apakah Alam ghaib itu benar-benar ada?


Kalo kita menilik pada Al-Quran jelas terpampang bahwa alam ghaib itu nyata keberadaannya. Bahkan tidak dianggap seorang mukmin beriman jika ia belum mempercayai adanya alam ghaib.

Mengenai kapasitas iman kita kepada alam ghaib ini, tidak perlu bagi kita untuk mencari tentang zat yang ghaib itu sendiri. Namun kepercayaan kita itu sebatas yang telah dijelaskan Rasulullah SAW kepada kita saja atau gambaran alam ghaib yang kita dapatkan dari ayat ayat al-quran atau hadis hadis Nabawi. 

Mencakup kepercayaan kita kepada Allah, mengenai hari akhir, azab kubur, surga neraka, malaikat, atau hal-hal yang berhubungan dengan alam yang tidak bisa ditangkap dengan indera dan tidak mampu dicerna oleh akal.

Kita sebagai orang muslim dan kalangan terpelajar tentunya harus sudah mampu menangkal segala pemahaman yang salah tentang keberadaan alam ghaib tersebut. Tentunya dengan mu’alajah yang sesuai dengan ajaran islam dan dengan keyakinan dan Aqidah yang benar mengenai alam ghaib ini. 

Semoga kita termasuk orang-orang yang diberi keyakinan yang kuat tentang alama ghaib ini. Sehingga tidak terjerumus kepada pemahaman-pemahaman mistis yang salah. (furqan.id)


0 Response to "Jum'at Kliwon; Tanya Kenapa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel